Phone: +62812-2216-5158
Email: admin@stikesganeshahusada.ac.id
Opening: 07.15 - 15.00

Project Based Learning

STIKes Ganesha Husada menerapkan kurikulum berbasis riset dan inovasi yang membuat mahasiswa semakin aktif dalam berinovasi dan berkarya, penerapan kurikulum ini melalui proses kreatif salah satunya adalah Project Based Learning. Project Based Learning merupakan metode pembelajaran yang berbasis project dimana mahasiswa akan membuat project pembelajaran yang disesuaikan mata kuliah yang diambil. Tahapan project yang dilakukan melalui proses riset, pencarian ide, eksplorasi, interpretasi, sintesis, produksi, penilaian, dan informasi untuk menghasilkan berbagai bentuk hasil belajar.

Mempelajari berbagai keterampilan yang kemudian dapat diterapkan pada setiap skenario, dari pada berpegang pada seperangkat keterampilan yang terkait langsung dengan peran pekerjaan tertentu. Project Based Learning atau pembelajaran berbasis project merupakan model pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa untuk melakukan suatu investigasi yang mendalam terhadap suatu topik dan melakukan pendalaman pembelajaran dengan pendekatan berbasis riset terhadap permasalahan yang berbobot, nyata, dan relevan.

Tujuan Project Based Learning

Setiap model pembelajaran pasti memiliki tujuan dalam penerapannya. Tujuan Project Based Learning, antara lain:

  1. Meningkatkan kemampuan peserta didik dalam pemecahan masalah proyek.
  2. Memperoleh pengetahuan dan keterampilan baru dalam pembelajaran.
  3. Membuat peserta didik lebih aktif dalam memecahkan masalah proyek yang kompleks dengan hasil produk nyata.
  4. Mengembangkan dan meningkatkan keterampilan peserta didik dalam mengelola bahan atau alat untuk menyelesaikan tugas atau proyek.
  5. Meningkatkan kolaborasi peserta didik khususnya pada PBL yang bersifat kelompok.